Pengen Rumahmu Lebih Berwarna? Yuk Belajar Cara Menanam Anggrek!

cara menanam anggrek 1

Rumahmu ingin lebih cantik dengan berbagai bunga? Mungkin kamu bisa mencoba menanam bunga anggrek di pekarangan rumahmu. Bunga dengan berbagai warna dan jenis ini tidak akan terlalu memakan tempat di pekarangan rumahmu.

Selain tanamannya yang kecil, bunga anggrek juga bisa ditanam pada tanaman lain. Anggrek sendiri bisa ditanam di daratan rendah dan juga tinggi. Penasaran bagaimana cara menanam anggrek?

Pengen Rumahmu Lebih Berwarna? Yuk Belajar Cara Menanam Anggrek!

  1. Menanam Anggrek di Pohon

Untuk menanam anggrek di pohon, tips yang harus kamu perhatikan untuk menanam anggrek ini adalah memilih jenis anggrek yang berbatang sedang, dengan tujuan agar batang bunga tidak mudah patah jika terkena angin atau lainnya. Nah, agar tidak salah pilih, berikut beberapa Bunga anggrek yang cocok di tanam di pohon :

  • Anggrek Ephytis

Anggrek ini tidak akan merusak pohon tempat anggrek di tanam. Akar anggrek ini mempunyai fungsi sebagai akar udara dimana menjadi media sebagai pencari makan.

  • Anggrek semi Ephytis

Jenis anggrek ini mempunyai sifat yang sama dengan anggrek ephytis. Jadi, sebelum memilih jenis anggrek mana yang akan kamu tanam, maka sebaiknya kenali dulu sifat dari tanaman anggrek terlebih dahulu.

Setelah memilih anggrek mana yang akan ditanam, pilihah salah satu pohon yang akan kamu jadikan media menanam anggrek. Usahakan pohon tidak terlalu lebat, agar anggrek tetap terkena sinar matahari.

Setelah mendapatkan tanaman anggrek yang sesuai dengan kriteria dan selera, kamu bisa menggunakan sabut kelapa sebagai media untuk menanamnya. Setelah itu, ikat batang anggrek di pohon tersebut dengan memakai tali. Jika akar anggrek sudah melekat pada batang pohon, kamu bisa melipas ikatan talinya. Bagaimana? Mudah kan cara menanam anggrek di pohon

  1. Menanam Anggrek di Pot

Beberapa pecinta anggrek serta petani anggrek sepakat bahwa menanam anggrek tidak sesulit yang dibayangkan. Memang perlu kesabaran ekstra dalam perawatannya, namun tentunya dengan ketekunanan dan kesabaranmu, maka tanaman anggrek akan lebih cantik dan subur. Sebelum menanam anggrek dalam pot, siapkan terlebih dahulu potnya.

Baca Juga :  Tanaman Hias Bunga? Kekinian?

Kamu bisa memilih pot semen, pot tanah atau pot plastik. Untuk media tanam anggrek dalam pot, kamu bisa menggunakan sabut kelapa, arang kayu ataupun potongan pohon pakis. Setelah bibit anggrek di tanam, agar anggrek bisa berdiri, kamu bisa memberikan kawat sampai ke bagaian dasar pot sebagai tiang penahan batang anggrek yang berdiameter 2-4 mm. Fungsi dari tiang penahan tersebut adalah agar anggrek tidak mudah goyang ketika sedang disiram ataupun diberi pupuk.

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam anggrek di pot adalah usahakan ketika memberikan media ke bibit anggrek tidak sampai menutupi batang anggrek. Selain itu, untuk jenis pot plastik, usahakan untuk memberikan pecahan batu bata ataupun genting agar pot lebih berat dan juga berguna sebagai saringan.

  1. Menanam Anggrek di Tanah

Tanaman anggrek jenis anggrek tanah atau vanda douglas cocok untuk di tanam di tanah tentunya. Cara menanam bunga anggrek ini adalah:

  • Siapkan Lubang Tanaman

Galilah lubang dengan Panjang 10 cm dan lebar 30 cm. Jangan lupa untuk memberikan jalan diantara lajur lubang tanaman untuk mempermudah perawatan tanaman.

  • Memasang Tonggak

Pemberian tonggak tak hanya berfungsi dalam menopang batang anggrek namun juga mempermudah dalam proses pemeliharaan dan juga agar anggrek mendapat sinar matahari yang cukup.

  • Pemilihan Bibit Anggrek

Dalam pemilihan bibit sebaiknya pilihkan stek anggrek dengan Panjang kira-kira 1 meter agar lebih cepat untuk berbunga. Kemudiannya, tanam bibit dengan jarak sekitar 10 cm dengan bibit lainnya. setelah itu, tutup tanaman dengan sabut kelapa atau serutan kayu.

Nah, sudah menentukan pilihan, pengen menanam anggrek di mana?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *